Citra Satelit IKONOS di Indonesia

Setiap satelit yang digunakan atau diciptakan dari waktu ke waktu tentu memiliki kelebihan tersendiri. Salah satu ciri yang memang dicari oleh setiap pengguna, yang utama adalah citra yang beresolusi tinggi. Hal ini yang menjadi fokus dari setiap kepemilikan citra satelit. Dari sekian banyak citra satelit yang banyak digunakan yang memiliki resolusi spasial yang tinggi, salah satu yang cukup banyak diminati adalah citra satelit IKONOS.

Citra satelit IKONOS merupakan jenis satelit yang memiliki resolusi yang tinggiĀ  yang di miliki oleh Space Imaging, yang diluncurkan di Vanderberg Air Force Base, California, USA. Satelit IKONOS juga merupakan satelit komersial beresolusi tinggi pertama yang ditempatkan di luar angkasa.

Satelit IKONOS merupakan satelit yang memiliki resolusi spasial yang tinggi yang memproduksi citra 1 m hitam dan putih atau pankromatik dan citra 4 m red, green, blue ,dan Near Infrared atau multispektral. Kedua dari resolusi tersebut mampu di kombinasikan dengan banyak cara untuk mengakomodasikan secara luas aplikasi citra yang memiliki resolusi yang tinggi. Satelit IKONOS dilengkapi dengan Optical Sensor Assembly (OSA), OSA yang terdapat pada satelit beresolusi tinggi ini di dasarkan pada prinsip pushbroom yang mampu mengambil citra pankromatik dan citra multispektral secara simultan. Berdasarkan penelitian, IKONOS mampu mengirimkan resolusi spasial yang paling tinggi sejauh yang mampu di capai oleh sebuah satelit sipil.

Biasanya citra satelit IKONOS diaplikasikan untuk pemetaan perkotaan dan pedesaan, pemetaan perpajakan, konstruksi, pertambangan, sumber daya alam dan bencana alam, analisis pertanian dan perhutanan serta deteksi perubahan lingkungan. Hal ini diterapkan karena cakupan dan kedetailan dari citra satelit resolusi tinggi IKONOS ini hampir semua aspek studi lingkungan mampu menghasilkan hasil yang cukup relevan. Tidak sedikit pula perusahaan yang membeli IKONOS untuk memanfaatkan citra satelit IKONOS yang beresolusi tinggi untuk kegunaan media industri dimana citra resolusi tinggi ini mampu memberikan pandangan udara serta citra satelit untuk sekian banyak daerah diseluruh areal yang dicakup oleh citra IKONOS ini.

Sensor pada satelit IKONOS ini mampu diprogram untuk mendapatkan data dari citra satelit stereo yang digunakan untuk memproduksi model dari permukaan digital (DSM) atau model elevasi digital (DEM) dengan resolusi kurang dari 5 m. Data dari citra satelit stereo ini telah memfasilitasi 3D DigitalĀ  Terrain Model dan Digital Elevation Model (DEM). Tepat pada tanggal 22 januari 2015, selaku pengelola operasional dari satelit IKONOS, yaitu Digital Globe telah membuat pengumuman bahwa selama kegiataan pemeliharaan atau maintanance yang dilakukan baru-baru ini, Digital Globe sedang berusaha untuk menyelesaikan ketidak teraturan dalam akurasi dari citra satelit IKONOS yang di kumpulkan oleh sensor dari satelit tersebut.

Selama periode evaluasi ini juga, Digital Globe mengumumkan bahwa mereka tidak menerima pesanan tasking baru atau order baru satelit IKONOS. Setelah pengujian ekstensif di lakukan, telah di temukannya bahwa tingkat keakuratan dari citra satelit IKONOS tidak mampu memenuhi spesifikasi kualitas produk dari Digital Globe. Walau pemesanan satelit IKONOS tidak di terima, namun para pelanggan mampu memesan citra satelit IKONOS berupa data arsip, sebagai citra arsip bellum terpengaruh oleh perubahan terbaru dalam akurasi serta masih memenuhi spesifikasi standar dari kualitas suatu produk. Mengingat spesifikasi yang dimiliki oleh satelit IKONOS dalam menghasilkan citra satelit IKONOS ini, tentu bukan hal yang mengherankan jika banyak perusahaan yang terus menerus melakukan pemesanan untuk satelit IKONOS.

Hubungi kami untuk informasi lebih detail mengenai koleksi terbaru citra Satelit IKONOS untuk cakupan seluruh Indonesia.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *