Citra Satelit Murah Berkelas

Era sekarang, kemajuan teknologi memang semakin mempermudah hidup dan kerja manusia. Salah satu hasil kerja teknologi masa kini yang sungguh mempermudah kerja manusia adalah citra satelit. Produk teknologi berbasiskan data koordinat dan gambar perekaman ini semakin mempermudahkan manusia untuk melihat gambar bagian bumi secara lebih detail termasuk gambar daerah yang sangat terpencil sekalipun.

Satelit memang merupakan produk inovasi yang telah lama dikembangkan untuk melakukan proses pemotretan permukaan bumi. Hingga saat ini satelit sumber daya alam mulai berkembang menjadi semakin canggih dengan beragam teknologi masa kini. Jika sejarah satelit dulu dikembangkan untuk keperluan negara atau guna pengetahuan akan antariksa dan bumi, maka kini satelit menjadi penyedia jasa citra komersial yang dapat dipesan untuk beragam kebutuhan. Pemakaian citra satelit tidak lagi terbatas untuk instansi militer atau pemerintahan saja namun pihak swasta bahkan perorangan dimungkinkan untuk memanfaatkan citra satelit.

Buktinya, mulai dari kebutuhan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, kebutuhan SAR hingga kebutuhan umum seperti pembacaan cuaca, perhubungan, pertanian, real estate, perkebunan, bahkan sarana telekomunikasi memanfaatkan citra satelit. Hal ini memang akhirnya membuat semakin banyak bermunculan perusahaan penyedia citra satelit yang memang kebanyakan berada di luar negeri. Persaingan yang ketat antara perusahaan perusahaan tersebut malah membawa semakin banyak keuntungan, mulai dari maju dan pesatnya teknologi sateit hingga citra satelit murah namun tetap berkualitas yag dapat kita pesan sesuai kebutuhan.

Citra satelit murah memang menjadi perdebatan di banyak kalangan. Sebab “murah” di sini tidak selalu berkonotasi ringan biayanya. Setidaknya murah berarti relatif tidak semahal produk kompetitor. Tidak dibahas di sini data-data citra satelit yang diperdagangkan secara ilegal tanpa memperhatikan lisensi.

Berikut ini akan disajikan ulasan singkat mengenai beberapa citra satelit murah yang dapat anda gunakan sebagai referensi untuk memesan jasa satelit.

  • Citra Satelit resolusi tinggi IKONOS

IKONOS adalah satelit penyedia data citra satelit resolusi komersial pertama yang  memiliki resolusi tinggi dengan hasil yang dapat dikatakan cukup bening. Banyak client yang menggunakan satelit ini untuk melakukan observasi bumi. Satelit yang awalnya digunakan oleh pemerintah Amerika Serikat ini akhirnya dialihkan untuk kebutuhan sipil dan umum menjadi satelit komersial. Saat ini IKONOS diopersikan oleh salah satu perusahaan penyedia jasa satelit yang cukup kenamaan yaitu Digital Globe. Dengan teknologi yang cukup tinggi dan pengalaman yang lama dalam dunia persatelitan IKONOS mampu menghasilkan gambar citra satelit murah dengan resolusi tinggi sehingga banyak perusahaan terutam yang bergerak dalam bidang pertambngan menggunakan jasa satelit ini untuk melihat daerah ekspansi baru yang akan mereka kembangkan. Dalam proses pengambilan gambarnya, satelit ini mampu menangkap 0,82m gambar hitam putih dan 3,28 m multispectral atau sering disebut juga dengan warna citra digital. Terbilang cukup mumpuni untuk penelitian yang memerlukan gambar bening dan jelas.

  • Citra Satelit Geoeye

Salah satu satelit yang menawarkan jasa citra satelit murah adalah Geoeye. Hadir dengan menghasilkan citra satelit murah dengan resolusi spasial 0,41 pankromatik dan multispectral resolusi 1,65 meter. Bahkan yang lebih mencengangkan lagi, satelit Geoeye ini mampu mengumpulkan data citra satelit atau memotret gambar hingga 700.000 km2 pankromatik serta 350.000 km2 multispektral per hari untuk proyek pemetaan berskala besar. Hal ini memang dapat terjadi karena satelit Geoeye mampu mengorbit bumi 15 kali dalam satu hari terbang, Hebat bukan? Dan tentunya murah.

  • Citra Satelit WorldView

Citra satelit murah yang selanjutnya adalah Citra Satelit WorldView yang diusung oleh Digital Globe. Merupakan citra satelit dengan resolusi tinggi 0,46 meter hingga 0,50 meter utuk resolusi pankromatik atau hitam putih saja dan 1.84 meter untuk citra satelit multispectral yangberwarna warni. Hasil citra satelit ini dikenal paling bening dikelasnya sehingga banyak digunakan oleh perusahaan yang bergerak dalam sumber dalam alam serta untuk keperluan lingkungan hidup. Hal ini dapat terjadi karena WorldView menggunakan optic generasi baru yang memang baru saja diluncurkan oleh Digital Globe pada Oktober 2009 silam.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *