Pengertian Citra Satelit

Saat ini zaman semakin canggih dengan teknologi yang tidak terbayangkan dari sebelumnya. Jelas tidak heran jika banyak sekali jenis dan macam dari kecanggihan teknologi yang telah berhasil menarik perhatian masyarakat dunia. Bahkan hampir seluruh negara maju memanfaatkan kemampuan dari teknologi canggih untuk menjamin kemampuan negara nya.

Tentu akan menjadi hal yang membanggakan jika kita, Indonesia mampu menggunakan kecanggihan teknologi demi menjamin kemajuan dunia teknologi di Indonesia. Salah satu kemajuan teknologi yang membantu dalam pembangunan Indonesia untuk menjadi salah satu negara yang maju adalah citra satelit. Citra dalam pembahasan ini dikenal sebagai masukan data atau pun hasil observasi dari proses penginderaan jauh. Penginderaan jauh atau remote sensing biasa didefinisikan sebagai ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang suatu objek, daerah atau fenomena melalui analisis data  yang diperoleh melalui suatu alat yang dihasilkan tanpa kontak secara langsung dengan objek, daerah, atau fenomena tersebut.

Citra juga dapat diartikan sebagai gambaran atau rekaman gambar yang tampak dari suatu objek yang diamati, sebagai objek atau hasil liputan dari alat pemantau atau sensor. Tentu citra memerlukan proses interpretasi atau penafsiran dalam pemanfaatannya terlebih dahulu. Manakala citra satelit pula merupakan hasil dari perekaman maupun pemotretan dari alat sensor yang dipasang tepat pada wahana satelit ruang angkasa yang ketinggiannya mencapai lebih dari 400 km dari permukaan bumi.

Sejauh ini kita dapat mengenal berbagai jenis citra satelit berdasarkan tingkat resolusi spasialnya. Resolusi spasial dikenal pula sebagai kemampuan sebuah sensor dalam melakukan perekaman pada objek terkecil di setiap pikselnya. Berikut adalah beberapa jenis citra satelit berdasarkan tingkat resolusi spasialnya:

  • Citra satelit resolusi rendah; memiliki resolusi spasial yang mencapai 15 m hingga 30 m à Citra Satelit Landsat
  • Citra satelit resolusi sedang; memiliki resolusi spasial yang mencapai 2.5 m hingga 10 m à Citra Satelit SPOT
  • Citra satelit resolusi tinggi; memiliki resolusi spasial yang mencapai 0.6 m hingga 1 m à Citra Satelit IKONOS dan Citra Satelit Quickbird

Tingkat dari setiap resolusi dari citra satelit ini dipengaruhi oleh kemampuan dari sensor dalam melakukan perekaman pada objek yang paling kecil yang sedang diamati. Diketahui bahwa satelit Landsat TM mampu merekan objek terkecil di lapangan yang sebesar 30 x 30 m. Sedangkan, satelit IKONOS dirancang agar memiliki kemampuan dalam merekam objek terkecil di lapangan sebesar 1 x 1 m. Selain itu, satelit Quickbird dipercaya mampu merekam objek yang paling kecil di lapangan sebesar 0.6 x 0.6 m. Dengan resolusi yang beragam ini tentu membantu setiap pihak yang memerlukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Citra satelit ini dipercaya, terbentuk dari serangkaian matrik elemen gambar yang biasa disebut dengan piksel. Piksel merupakan unit terkecil dari sebuah citra. Piksel pada sebuah citra biasanya berbentuk persegi empat dan mewakili suatu area pada citra. Apabila sensor yang dimiliki oleh citra memiliki resolusi spasial mencapai 20 m dan citra dari sensor menampilkan objek secara menyeluruh. Maka berarti masing-masing piksel mampu mewakili area dengan luas yang mencapai 20 x 20 m. Perlu dimengerti bahwa, citra satelit yang berhasil menampilkan objek area dengan cakupan yang luas, diketahui bahwa ia hanya memiliki resolusi spasial yang rendah. Sebaliknya, sebuah citra satelit yang didefinisikan memiliki resolusi spasial tinggi akan mencakup areal yang lebih sempit.

Kita bersyukur bahwa teknologi penginderaan jauh yang memanfaatkan citra satelit telah berkembang sejak puluhan tahun lalu dan telah merambah ke berbagai bidang aplikasinya. Pengelolaan wilayah, pengelolaan sumberdaya alam, perpajakan, pemetaan utilitas, perhubungan, pertanian, dan sektor lainnya telah merasakan manfaat yang besar dari teknologi citra satelit tersebut.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *